Selasa, 21 April 2009

Penyakit Mata Penderita Diabetes Dapat Tingkatkan Serangan Jantung

Penyakit Mata Penderita Diabetes Dapat Tingkatkan Serangan Jantung

Lihat Gambar
Tanda pada mata yang terkena diabetic retinopathy

Selasa, 14 April 2009 17:41
KapanLagi.com - Pada orang yang menderita diabetes, kondisi mata umum yang disebut retinopathy lebih dua kali lipat meningkatkan resiko mereka terkena serangan jantung, demikian hasil penelitian baru.

Retinopathy penderita diabetes adalah penyebab paling umum kebutaan di kalangan warga negara Amerika berusia produktif. Penyakit itu, yang mempengaruhi rata-rata separuh penderita diabetes di AS, disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah di belakang mata.

Sebagaimana dilaporkan di dalam Journal of American College of Cardiology, Dr. Tien Y. Wong dari University of Melbourne di Australia dan rekannya menganalisis data dari 1.021 orang dewasa yang menderita tipe 2 diabetes yang tak terserang sakit jantung atau ginjal ketika studi itu dimulai. Namun hampir 13% pasien memiliki penyakit diabetic retinopathy.

Selama 9 tahun masa lanjutan, 10,1% pasien terkena serangan jantung, kata para peneliti itu.

Secara keseluruhan, 21,6% pasien dengan retinopathy terkena serangan jantung dibandingkan dengan hanya 8,5% pasien yang tak mengidap retinopathy.

Setelah memperhitungkan beberapa faktor lain yang mungkin telah mempengaruhi hubungan tersebut, diabetic retinopathy meningkatkan resiko serangan jantung sebesar 2,2 kali lipat.

Para penulis, Dr. Hector O. Ventura dan Dr. Madhavi Reddy, dari Ochsner Clinic Foundation di New Orleans, menyatakan bahwa temuan itu mungkin dapat memiliki dampak penting bagi para dokter.

"Panduan saat ini sudah mengidentifikasi perlunya pemeriksaan rutin untuk mengetahui keberadaan retinopathy pada pasien diabetes," kata mereka.

Selain perawatan mata yang tepat, mereka menyatakan bahwa pendeteksian retinopathy sekarang juga mungkin memerlukan pemeriksaan jantung yang lebih lengkap dan pengamatan lanjutan yang lebih seksama guna mencegah perkembangan serangan jantung. (kpl/cax)


Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail.com.